Cari Blog Ini

10 Juni 2010

Kerja Cerdas

Kata orang, jaman sekarang kita perlu kerja cerdas, bukan kerja keras. Kalau hanya keras, mana cukup untuk membiayai hidup? Lantas, ukurannya adalah berapa pendapatan yang diterima. Kadang, caranya apa saja, termasuk korupsi. Apakah korupsi adalah salah satu bentuk kerja cerdas?

Sebenarnya, berbohong adalah salah satu bentuk kebodohan. Hari ini saya menemukan bagaimana manipulasi telah merugikan orang. Bagi pelakunya, mungkin ia merasa cerdas karena bisa cepat menutup penjualan dan terima komisi lumayan. Tapi sekarang konsekuensinya tiba, namanya buruk dan entah berapa pelanggan yang hilang. Ini tidak cerdas!

Kerja cerdas menuntut lebih banyak pikiran dan pengetahuan. Sikap utamanya adalah integritas, kesesuaian antara perbuatan dan perkataan. Integritas menjadi landasan kepercayaan, yaitu komponen penting dalam bisnis di abad informasi. Sikap lain adalah sikap melayani dan sikap positif yang memberi. Sikap yang benar membuat kita terpilih, berbisnis lebih banyak dan menghasilkan lebih banyak.

Cara mudah adalah jalan orang yang tidak berpikir, sama sekali tidak cerdas bagi pelanggan. Siapa yang mau berbisnis dengan orang yang lihai meraup uang orang lain?

Kalau mau cerdas, belajarlah baik-baik dan temukanlah apa yang benar-benar diinginkan orang.

Selamat bekerja!

Published with Blogger-droid

Tidak ada komentar: