Cari Blog Ini

18 Juni 2010

Ngomong

Salah satu kelebihan manusia seperti saya adalah ngomong. Salah satu kekurangan manusia seperti saya juga, adalah ngomong. Kita suka, atau tidak suka, berbicara. Kita menjadi kuat dan lemah secara bersamaan karena bicara. Ajaib ya!

Tampaknya, membingungkan karena saat bicara orang juga berharap untuk didengar, sekaligus tidak mau mendengarkan orang lain. Repotnya, ada juga orang-orang yang tidak suka ngomong, sebaliknya ia hanya mendengar dan mengikuti apa yang dia suka dengarkan. Para pembicara dan presenter berusaha keras untuk mendapatkan pengikut, yaitu orang yang mendengar. Lantas, peran pendengar ini jadi begitu penting sehingga mereka diberi hak untuk menafsirkan apa yang mereka dengar. Suatu hak istimewa, sebab orang dapat memahami sesukanya, sekalipun berbeda dari maksud si pembicara!

Jadi, apa yang benar untuk dilakukan? Kebenaran, itulah ukurannya. Bicaralah soal kebenaran dengan lantang. Berdiam dirilah dalam kepalsuan atau dusta. Untuk melakukan itu, kita harus menyelidiki tentang kebenaran, sesuatu yang belakangan ini malas dikerjakan orang.

Pernyataan ini pun perlu diselidiki, tapi jika Anda malas mencari tahu, maka pernyataan ini telah terbukti pada diri Anda sendiri.

Selamat ngomong, semoga kebenaran ada di mulut kita.l

Published with Blogger-droid v1.3.4

Tidak ada komentar: