Cari Blog Ini

27 Juni 2010

Kesempatan

Ada saatnya orang mendapat kesempatan. Sekarang ini, dimana-mana banyak reality show untuk mengadu bakat alias talenta. Di Inggris ada Britain Got Talent. Di Amerika ada America Got Talent. Di Indonesia ada Indonesia Mencari Bakat. Memang, kita tidak yakin bahwa Indonesia sudah diberi bakat-bakat, sehingga masih mencari.

Bagaimanapun, ada orang-orang yang mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya, menghibur banyak orang, dan memberikan keuntungan besar bagi penyelenggara. Yang naik panggung setengah mati cari inspirasi, yang jadi fans bayar banyak dengan sms, dan sponsor bayar mahal untuk prime time. Penyelenggaranya cukup membayar Juri, yang terus menyemangati, memberi kritik, dan mendorong peserta untuk lebih giat lagi. Benar-benar kesempatan yang hebat!

Dalam kehidupan, sebenarnya kita semua punya kesempatan serupa, yaitu hidup kita sendiri. Seperti dalam show, ada yang menonton. Ada yang berusaha mengambil keuntungan. Ada yang mendukung, juga ada yang mengkritik. Kita bisa memilih, apakah mau tampil sembarangan, atau mau hidup bertanggung jawab.

Diujung cerita, ada Hakim Agung yang menghakimi. Ini bukan penilaian berdasarkan sms, bukan popularity contest. Ini adalah keadilan berdasarkan kebenaran, seperti kisah Lazarus.

Di akhir pertunjukkan hidup kita, apa yang dapat kita jawab?

Published with Blogger-droid v1.3.5

Tidak ada komentar: