Cari Blog Ini

11 Juli 2010

2012

Mengapa film 2012 begitu ramai ditonton orang? Sekarang, film itu sudah berlalu dari bioskop, tapi orang masih beli dvdnya. Ceritanya tidak terlalu dramatis, tapi visual effectnya hebat. Dalam hal ini toh kita tidak mencari drama. Kita butuh film itu untuk membayangkan kengeriannya. Dan mengapa kita menginginkannya?

Dalam diri kita ada suatu indra keenam, apa yang disebut dengan firasat. Jaman modern telah mengajar kita mengabaikan firasat, tetapi perasaan gelisah itu tidak hilang begitu saja. Kita memandang langit, mengamati bumi, dan mempelajari apa yang terjadi, serta merasa 'ada sesuatu di luar sana'. Adakah kita dapat abaikan, atas dasar rasionalisme dan logika?

Mari kita pelajari sesuatu tentang rasio, dimulai dari diri sendiri. Berapa banyak yang memakai rasionya untuk merencanakan masa depan yang diketahuinya? Orang pasti jadi makin tua, suatu saat akan pensiun. Sementara itu, inflasi terus terjadi tiap tahun dan semakin berat; baca saja berita tentang kenaikan tarif listrik dan kenaikan harga bahan makanan. Kalau mengikuti logika, seharusnya kita semua berusaha lebih keras dan menabung lebih banyak. Berapa banyak yang melakukan hal-hal ini?

Namun, kita menolak peringatan tentang akhir jaman karena itu rasanya tidak sesuai logika dan ilmu pengetahuan. Sekalipun bumi sudah berubah dan cuaca menjadi aneh, kebanyakan orang merasa semua masih baik-baik saja. Bekerja dan bersenang-senang seperti biasa.

Pada akhirnya, ini bukan soal rasio, melainkan keinginan manusia. Bukankah sejak pertama, manusia mati karena mau menjadi seperti Allah?

Di akhir jaman, keinginan ini akan mencapai puncaknya. Manusia meninggikan diri, sekalipun sebenarnya masih tetap sama lemah dan menyedihkan, seperti bunga rumput yang berlalu dalam semalam. Durhaka akan tiba, itulah tanda akhirnya. Firasat ini telah berteriak sedemikian kerasnya, tapi tidak didengarkan. Tidak semua mendengarkan.

Ingatlah akhir jaman. Hiduplah dengan suci dan saleh, percayalah kepada Tuhan!

Published with Blogger-droid v1.3.9

Tidak ada komentar: