Cari Blog Ini

05 September 2010

Pekerjaan

Yeremia yang masih muda ini tidak memilih sendiri pekerjaannya. Bukankah setiap orang muda pada satu saat harus memikirkan apa yang mau dikerjakannya? Beberapa mempunyai tekad yang cukup kuat untuk menjadi orang yang lebih besar. Beberapa yang lain tidak seteguh itu, sehingga mereka puas dengan apa saja yang ada. Lumayan, daripada jadi pengangguran. Tetapi, Yeremia menerima panggilan besar dari Tuhan, sedemikian hebatnya sehingga mendadak ia merasa tidak sanggup. Mana bisa?

Ada banyak hal yang rasanya mustahil dikerjakan. Kita memang tidak dalam situasi yang sama seperti Yeremia, tidak ada raja yang harus dilawan atau rakyat yang berkhianat pada Tuhan. Tetapi ada banyak masalah dalam masyarakat kita, yang bermula dari karakter yang buruk dan kebiasaan yang jelek. Sudah begitu lama, begitu banyak, mana bisa diubah? Lebih bqik mencari kesuksesan sendiri. Lebih baik memanfaatkan apa yang ada. Begitu, bukan?

Tapi, Tuhan masih memanggil dan mengutus ana-anak-Nya. Apakah yang mau kita katakan, bahwa kita terlalu muda dan kecil, tidak sanggup? Tuhan yang memberi kesanggupan! Tidak peduli apakah Yeremia masih muda dan tidak pandai, Tuhan mampu membuatnya berdiri dan menentang raja, imam, dan rakyat Yehuda yang menjadi sesat dan melanggar Perjanjian yang kudus. Tidak peduli apapun situasi kita, Tuhan bisa menempatkan kita dalam situasi yang mustahil, hanya karena Tuhan yang memberikannya.

Pertanyaannya, maukah kita? Apakah kita bersedia untuk dipakai Tuhan, melebihi pikiran kita tentang diri sendiri? Apakah kita cukup mempercayai-Nya dan sepenuhnya bergantung pada-Nya?

http://pikiran-donny.blogspot.com
Published with Blogger-droid v1.5.8

Tidak ada komentar: