Cari Blog Ini

17 Februari 2017

Mudah Bersama Danareksa Investment Management

KEHIDUPAN ADALAH PERGUMULAN ANTARA HARAPAN DAN TANGGUNG JAWAB. Begitulah yang dihadapi orang: di saat harapannya tinggi untuk membeli rumah, atau membangun usaha, atau berjalan-jalan ke luar negeri, ia harus memenuhi tanggung jawab menafkahi keluarga, menyantuni orang tua, dan membayar uang sekolah anaknya. Kalau sudah dihadapkan pada pilihan, hati menjerit ingin liburan namun dompet tetap dikeluarkan dan uang dibayarkan kepada pihak sekolah. Biasanya, masa depan anak lebih penting.


Namun, pergumulan itu semakin berat karena kenyataannya kenaikan pendapatan tidak sebesar kenaikan biaya masuk kuliah setiap tahun, atau kenaikan harga rumah. Harapan semakin jauh dari jangkauan, sementara tanggung jawab semakin berat menekan. Beberapa orang memilih untuk tidak mengambil tanggung jawab keluarga; maka mereka pun memutuskan tidak menikah atau punya anak. Apakah memang harus demikian?

Di dunia keuangan,instrumen seperti Reksa Dana sudah lama diatur dalam UU No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Bab IV UU ini isinya tentang Reksa Dana, yang dijabarkan dalam PP, diatur oleh peraturan dan keputusan Menteri Keuangan, serta diregulasi oleh OJK. Sayangnya, banyak orang yang masih lebih suka mencari bunga tinggi dan pasti dalam skema piramida money game, lantas kehilangan banyak hartanya di investasi bodong itu. Semua hanya karena ingin mendapat BUNGA PASTI yang sebenarnya tidak masuk akal. Bagaimana memastikan keuntungan besar di masa depan?

Yang benar adalah, seharusnya orang mencari PROFESIONALISME PASTI yang disediakan oleh lembaga yang berpengalaman dan bereputasi seperti Investasi Reksa Dana Danareksa. Profesionalisme berarti suatu sikap dan cara kerja yang mengutamakan profesi, bekerja dengan sungguh-sungguh dan memenuhi berbagai peraturan yang ada, yang dengan pasti diberikan kepada Nasabah. Soal hasil dari investasi memang naik dan turun, tetapi jika pengelolanya pasti kerja sekuat tenaga, bukankah kita bisa merasa tenang?

Banyak yang mungkin merasa sukar dan rumit untuk mendapatkan profesionalisme pasti semacam itu. Mungkin itu hanya untuk korporasi besar -- kenyataannya, hari ini kebanyakan investor di reksa dana adalah korporat. Mungkin dahulu begitu, tetapi kini ada Investasi Reksa Dana Online DIM yang mudah diakses. Hanya tinggal klik saja tulisan itu!

Tapi... ah, jadi apa sih Reksa Dana yang diatur UU dan dikelola oleh Investasi Indonesia ini?

Sederhananya, bayangkan bahwa ada manajer Investasi Terbaik yang membuat penawaran kepada publik, yang disebut dengan Prospektus. Karena mereka ini adalah manajer terbaik, ada perencanaan yang sangat bagus tentang bagaimana berinvestasi di pasar modal, misalnya bursa saham. Publik bisa mengambil bagian dalam investasi ini, masuk dalam Kontrak Investasi Kolektif yang telah disetujui oleh regulator yaitu OJK.

Bagaimana orang-orang berinvestasi? Mereka bisa menyerahkan uangnya untuk ditukar dengan unit penyertaaan modal, atau disingkat unit saja. Ketika baru diluncurkan satu unit nilainya Rp 1000. Jika orang menyerahkan dana Rp 1.000.000, setelah dikurangi biaya tertentu misalnya 1% atau Rp 10.000, maka nilai Rp 990.000 berubah menjadi 990 unit.

Kok ada biaya? Ya ada, kan untuk formulir, administrasi, gaji pegawai, dan sebagainya dalam menerima dan mengadministrasi dana perlu dibayar dengan pantas, bukan?

Jika seseorang telah menerima 990 unit tercatat dalam rekeningnya, jumlah itu tidak akan berubah selama tidak ada transaksi lain. Sementara itu, nilai per unit bisa naik atau turun tergantung dari besarnya kumpulan dana yang dikelola oleh manajer investasi, disebut sebagai Nilai Aktiva Bersih atau NAB. Waktu bursa saham bergairah dan nilai saham meningkat, demikian pula kumpulan dana alias Aktiva yang dikelola meningkat, dan NAB pun membesar.

Dahulu Rp 1000, setelah lima tahun misalnya menjadi Rp 2000. Maka nilai investasi dari Rp 1 juta yang masuk, kini menjadi Rp 2000 x 990 = Rp 1,980.000. Ini hanya gambaran ya, karena dalam prakteknya kita tidak mungkin bisa mengetahui apakah lima tahun lagi NAB pasti menjadi dobel. Mungkin hanya naik 1,5x lipat. Mungkin juga naik 3x lipat. Siapa tahu? Tidak ada jaminan tentang nilai NAB di masa depan. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan.

Yang bisa dijamin adalah, selama kurun waktu ini manajer investasi akan memberikan profesionalisme yang pasti dalam segala keputusan dan pilihannya. Tidak main-main. Tidak sembarangan. Ada analisa fundamental dan analisa teknikal yang rumit dan sukar dijelaskan secara awam tentang bagaimana menghitung dan memilih jual beli saham. Yang perlu kita ketahui, semua itu dikerjakan dengan serius.

Maka, nilai investasi di reksa dana saham baru bisa dinilai setelah kurun waktu minimal 3 tahun, dan dianjurkan untuk ditarik setelah melalui periode minimal 5 tahun. Harus ada cukup waktu bagi manajer investasi mengelola dan meningkatkan nilai investasinya. Toh, waktu yang dibutuhkan masih tersedia cukup besar.

Cukup lama waktu untuk berinvestasi secara teratur, agar belasan tahun lagi bisa menarik dana untuk bayar kuliah anak selama 4 tahun, dari bayar uang masuk hingga bayar uang wisuda.

Cukup lama waktu untuk berinvestasi mengumpulkan dana pensiun, sehingga saat rambut telah memutih dan tenaga tidak lagi kuat bekerja, ada dana yang membebaskan diri dari mencari uang. Hidup dan kejarlah aspirasi Anda!

Cukup lama waktu untuk berinvestasi menyediakan sebuah kumpulan dana abadi, yang nilainya bisa dicairkan secara berkala untuk menyokong Yayasan Sosial yang dibangun untuk sebuah tujuan mulia.

Jika Anda masih membutuhkan penjelasan tambahan, silakan hubungi saya. Atau, langsung saja klik Investasi Reksa Dana Online DIM dan mengambil langkah pertama.

Selamat membangun Masa Depan!


Donny A. Wiguna, CFP
0818-222-634
Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog ‘Blogging Competition - Reksa Dana Online DIM, Investasi Aman dan Mudah’. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management

Tidak ada komentar: